Tentang e Black Faster V1.1

×

My Contact

Name

Email *

Message *

MAKALAH PROBABILITAS



BAB I
PENDAHULUAN

A.           PENDAHULUAN
Dalam hidup kita sering mengalamai hal-hal yang mungkin pernah kita alami. Dari kejadian yang pernah kita alami tersebut kadang kita bisa memberikan pandangan kepada orang lain yang sedang mengalami kejadian seperti kita dulu.
Bagi mereka yang lebih kreatif kejadian yang pernah dialaminya dimasa lalu atau bahkan kejadian yang dialami orang lain dijadikan ramalan untuk masa depan seseorang yang dipandangnya menyerupai seseorang tadi. Kadang kita dalam hidup ini perlu yakin adanya kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dikemudian hari ketika kita melakukan suatu kegiatan. Hal ini diperlukan untuk menjadikan perhatian dan pertimbangan dalam kita melankah yang kita ambil dari kejadian-kejadian sebelumnya.
Sebagai gambaran yang realistis adalah ketika ada teman kita yang terjatuh ketika melewati jembatan A, maka kita sebagai orang yang ingin melewati jembatan A mesti perlu dipertimbangkan tentang kejadian sebelumnya. Bisa jadi kita akan mengalami seperti orang-orang sebelumnya ketika melewati jambatan tersebut.
Dalam makalah ini, penulis ingin menguak tentang kemungkinan-kemungkinan dalam hidup yang didasarkan pada kejadian-kejadian dimasa lalu. Makalah yang hendak penulis buat ini adalah mengenai Probabilitas atau kemungkinan.
B.            RUMUSAN MASALAH
1.      Apakah Probabilitas itu?
2.      Apa saja probabilitas itu?
3.      Bagaimana hubungan antara ilmu dan probabilitas?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN
Hidup kita dalam menentukan kebijaksanaan tentunya didasarkan kepada kemungkinan-kemungkinan, karena sebenarnya sangat sedikit sekali hal-hal yang pasti dalam hidup ini. Melihat dari pernyataan diatas umat Islam ketika berjanji selalu mengucapkan “insya Allah” (kalau Allah mengizinkan). Disini jelas bahwa Agama Islam telah mengetahui tentang rahasia alam yang semua dalam hidup ini tidaklah pasti.
Fakta-fakta yang ada dalam hidup ini hanya menunjukkan dari kemungkinan biasanya, kemungkinan besar, mungkin sekali atau hamper pasti, tanpa ada yang pasti. Genaralisasi, teori hubungan kausal yang telah kita pelajari meskipun di dukung oleh fakta-fakta yang cukupterpercaya, konklusinya dipakai sebagai dasar deduktif, toh tidak memberikan pengetahuan yang pasti.
Menurut David Hume apabila mempergunakan argument yang disusun atas dasar pengelaman kita dimasa lampau sebagai dasar pertimbangan untuk membuat ramalan dimasa mendatang maka argument ini hanya merupakan  kemungkinan (Probabilitas). Jadi probabilitas merupakan pernyataan yang berisi ramalan tentang tingkatan keyakinan tentang terjadinya sesuatu dimasa yang akan datang. Tingkatan keyakinan ini bisa dinyatakan dengan angka atau tanpa dengan angka. Seperti contoh untuk mengukur kemungkinan keluarnya sisi mata uang ketika diputar, karena sisi mata uang ada dua maka kemungkinan keluarnya sebuah sisi mata uang bias ditulis dengan angka yaitu ½, yang artinya terdapat 1 kemungkinan dari 2 kemungkinan.
B.     MACAM-MACAM
Probabilitas ada dua macam, yaitu:
a.      Probabilitas a priori, yaitu probabilitas yang disusun berdasarkanakal, bukan atas pengalaman. Seperti untuk mengetahui peluang keluarnya mata dadu maka berpeluang 1/6, karena jumlah mata dadau ada 6.
b.     Probabilitas relative frekuensi, yaitu probabilitas yang disusun berdasarkan statistic atau fakta empiris. Disini didasarkan oleh fakta-fakta yang sering terjadi. Seperti setiap wanita berusia 26 tahun memiliki probabilitas 971 yangdapat mencapai umur 27 tahun, artinya dari 1000 wanita umur 26 tahun akan meninggal sebanyak 29 orang.

C.    ILMU DAN PROBABILITAS
Berdasarkan kenyataan bahwa teori, generalisasi dan kausalitas bersifat probabilistic, maka ilmu-ilmu tidak pernah memberi keterangan yang pasti tentang peristiwa-peristiwa. Teori dan keterangan yag diberikan bersifat kemungkinan.
Ilmu tidak berpretensi mutlak, artinya ketika dalam perdukunan mengatakan “ Minumlah air ini pasti sembuh”, maka dalam ilmu hanya mampu mengatakan “ Minumlah air ini kemungkinan besar akan sembuh”.
Jadi tindakan yang kita ambil berdasarkan resiko yang mungkin timbul dari pilihan kita berkaitan dengan probabilitas yang ada.



BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari jabaran diatas dapat kita simpulkan bahwa:
a.       Probabilitas adalah kemungkinan yang terjadi berdasarkan keadaan yang telah ada.
b.      Probabilitas ada dua macam, yaitu: Probabilitas a priori dan Probabilitas relative frekuensi.
c.       tindakan yang kita ambil berdasarkan resiko yang mungkin timbul dari pilihan kita berkaitan dengan probabilitas yang ada

B.     DAFTAR PUSTAKA

1.      Mundiri, Drs. Logika. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta, 1994.
2.      http://zadacentre.mywapblog.com/info-probabilitas.xhtml

Untuk Ibu Yusfi Aminu Rahmi Download Makalah : Klik Disini

RELATED POST:




Author: - 5/10/2013 11:18:00 pm

No comments